Saturday, 18 June 2016

Cara Mengecek Kesehatan Baterai Laptop Dengan Mudah di Linux

Hai, kembali lagi bersama saya, nah kali ini saya akan memberikan sebuah informasi nih, yaitu Cara Mengecek Kesehatan Baterai Laptop Dengan Mudah, karena kebetulan saya pakai laptop, kalo pc sih sudah tentu gak ada baterainya kecuali baterai CMOS.

Nah disini saya menggunakan Elementary OS, dan Berikut Caranya :
> Klik Ikon Baterai di Menu Bar > Klik Battery > lalu akan muncul tampilan seperti ini :

dan Lihat Kesehatannya dengan melakukan scrolling ke bawah
Lihat dibagian Capacity, dan ternyata kapasitas baterai laptop saya sudah tidak 100% lagi, dan akhirnya saya tahu kenapa laptop ini gak bisa bertahan lama, dan sedikit menyusahkan ketika dipakai kuliah.


Jika anda Menggunakan Windows : anda bisa melakukan Pengecekan dengan Menggunakan Battery Care, nah saya juga kebetulan menggunakan Battery care di Windows 10 Pro yang saya pakai di laptop ini.

Oke sekian dari saya, silahkan berikan komentar bagaimana juga dengan baterai laptop anda?.. 
Bersama saya, Sampai jumpa dipostingan selanjutnya.

Beberapa Versi Elementary OS

Elemantary OS adalah Sistem Operasi Linux yang dikembangkan dari Ubuntu, sejak pertama kali diluncurkan pada maret 2011, telah tersedia beberapa Update yang dirilis.

Seperti Biasa, dalam Update tentu saja ada peningkatan Fitur dan Stabilitas.

(sumber:wikipedia)

> Pertama Kali diluncurkan pada Maret 2011, Elementary OS mengusung Nama "Jupiter", dengan Basis Ubuntu 10.10.
>Pada November 2012, Elementary OS mengeluarkan Versi Beta Baru yang diberi nama "Luna", yang menggunakan basis Ubuntu 12.04 LTS, Versi Beta Kedua "Luna" Diliris pada 06 Mei 2013, tentu saja dengan beberapa peningkatan fiturnya. 
> 10 Agustus 2013, akhirnya Versi Stable "Luna" diliris dengan perombakan total, dan perbaikan Bug.
> Pada 11 April 2015, Elementary OS mengeluarkan Versi baru dengan Nama "Freya" yang memiliki basis Linux Ubuntu 14.04, dan tentunya dengan sangat banyak penambahan fitur dalam Sistem Operasi Ini.
> Next : Elementary OS mengeluarkan sebuah Versi Baru (0.4), dengan Nama "Loki", versi yang mengusung Linux Ubuntu 16.04. 


Friday, 17 June 2016

Linux - Sistem Operasi Hemat Kuota

Sesuai dengan judul diatas, saya kali ini akan memberikan sebuah review sekaligus pengalaman saya ketika menggunakan Linux sebagai OS Primary saya, memang perkuliahan yang saya jalani kebanyakan memakai Windows, dan segala macam aplikasinya, namun ketika saya berada diluar, saya malah lebih sering membuka Linux Elementary ini, kenapa?... karena mungkin saya sudah terlanjur Jatuh Cinta pada OS ini.

Sistem Operasi Hemat Kuota?... apaan tuh?.. mungkin ada sebagian pembaca yang menanyakan hal tersebut, apalagi bagi yang sangat belum pernah menyentuh Linux, Baik Ubuntu, Mint, dan Debian, akan menanyakan hal tersebut.. "sesuai pengalaman pribadi, ada teman saya yang bertanya hal tersebut". 

Nah Linux ini menurut saya sangat sangat baik dalam memanajemen penggunaan internet, berbeda dengan windows, dalam kondisi Idle pun internet selalu jalan, entah digunakan Oleh semacam service apa?.. namun di linux, ketika kita Idle, baik di desktop, file manager, maupun browser, dan selama tidak melakukan aktivitas yang memancing koneksi, maka, koneksi tersebut akan ikutan idle juga, jadi ketika kita hanya mendengarkan musik atau melihat video, maka koneksi akan terhenti, namun bukan disconnect. 

Mari kita bandingkan Windows 10 Pro vs Elementary OS
Windows 10 Pro
- 1 Jam saya Idle tanpa menggunakan aktivitas browser atau apapun, Internet tetap berjalan untuk dipakai Update sebagian software.

Sedangkan Elementary OS
- 1 jam digunakan Untuk Menulis Postingan dan Artikel di blog selama beberapa jam, kuota yang dipakai juga sedikit banget, bahkan tidak sampai tembus puluhan MB, gak percaya?.. berikut screenshotnya: 
Ketika saya menulis postingan ini.

Sedangkan di WIndows baru 2 menit sudah memakan beberapa MB, sehingga membuat Kuota kita Boros.

jadi intinya, jika anda ingin menghemat kuota dalam penggunaan wajar, tanpa download dan streaming, Linux sangat cocok bagi anda, namun jika ingin sesuatu yang lebih dan serba kompatible dalam penggunaan, WIndows pilihannya.

Oke Sekian dari saya, mohon maaf jika mungkin pernyataan saya diatas ada yang meleset, karena ini sesuai dengan apa yang saya alami dan saya rasakan.
bersama saya Gylang Satria Yudha, sampai jumpa dipostingan Selanjutnya. :)

Cara Mengatasi Elementary OS Freya Tidak Bisa Shutdown

2 Hari berlalu sejak saya menggunakan OS ini, OS keturunan Ubuntu ini menurut saya sangat bagus, bahkan saya sampai menuliskan review singkatnya disini >> Review Singkat Elementary OS Freya 
namun sejak 2 hari tersebut saya menemukan masalah baru, dimana OS ini tidak mau shutdown dan selalu nyala lagi ketika di shutdown. memang sedikit membuat kesal user, terutama dibulan ramadhan ini... 

Nah langsung saja , cara mengatasinya sangat sangat mudah sekali, anda tinggal menginstal aplikasi Laptop Mode Tools, Cara instalnya sangat mudah, anda tinggal memasukan Kode Perintah ini didalam Terminal : “sudo apt-get install laptop-mode-tools” 


Setelah Instalasi selesai, silahkan coba shutdown Laptop anda, dan lihat hasilnya, dan beneran berhasil :)

Oke Terima Kasih Kepada www.ujangdurahman.wordpress.com yang telah berbagi informasi seputar Elementary OS ini.

Thursday, 16 June 2016

Review Singkat Elementary OS Freya

kembali lagi bersama saya, admin keren dan keren "abaikan". dibulan ramadhan ini tidak henti hentinya saya ingin mencoba hal baru seputar dunia perteknologian, sempat mencoba Linux Ubuntu selama 1 jam dengan fitur live CD nya > bisa dilihat disini satu jam bersama linux ubuntu, nah kali ini saya mencoba linux baru yang gak kalah keren dari ubuntu, ELemntary OS Namanya. 

Percaya atau enggak, saya lebih betah dengan OS ini dibandingkan dengan Windows 10 Pro, kenapa?.. nanti akan saya bahas. sempat melirik Kali Linux dan Zorin, namun rasa penasaran saya lebih tertarik kepada di lucu Elementary, ya dikarenakan saya juga gak terlalu membutuhkan Kali linux yang dikhususkan untuk Network Testing, Hacking, and Security, dan setelah melihat tampilan LIve CD nya, keren sih, tapi belum saatnya saya meminang Kali Linux. :D. kalo zorin?.. hehe saya hanya mendownload Instalernya saja, dan berjaga jaga jika ingin mencoba Zorin, namun 2 os yang saya sebutkan barusan kemungkinan akan saya pakai suatu saat nanti. :)

Kembali ke Elementary OS. 
"Tampilan yang dipoles dengan sangat baik, kebutuhan sistem perangkat keras yang tidak perlu tinggi (1 GHz/512 MB/5 GB), tersedia edisi 32-bit dan 64-bit, ringan untuk komputer lama, mudah digunakan, ruang aplikasi yang kaya (basis Ubuntu), pembaruan dan peningkatan otomatis tersedia ke versi berikutnya." hm itulah yang saya rasakan.

Mari Kita bahas Kekurangan dan Kelebihannya :
+ File Instalasi Kecil dan Tidak Menghabiskan banyak Ruang di Hardisk.
+ Instalasi sangat mudah, meski butuh ketelitian dan semangat "karena mirip dengan ubuntu"
+ Setelah instalasi, OS ini sangat ringan 
+ Tampilan Segar dan waw.
- Masih belum stabil jika dibandingkan dengan ubuntu
- kompatibilitas software belum sebanyak windows. "tentu aja lah, ini linux"
- Gak bisa Klik Kanan di Desktop


nah itu dulu yang saya rasakan seputar Kekurangan dan Kelebihan Elementary OS.

Anda berminat dengan OS ini, nah berikut saya kasih link yang berkaitan dengan Instalasi Elementary OS ini :
berikut screenshotnya :

Desktopnya nih, seger kan.

Saat saya instalasi software pelengkapnya

Udah saya Update ke Versi 14.04


Kesimpulan :
Linux Elementary OS ini sangat mudah digunakan, tampilan yang mirip dengan OSX membuat Elementary ini segar dan enak dipandang berlama  lama, system udah lumayan stabil, dan tentunya gak ada lag ya, beda kayak windows, kebutuhan hardwarenya gak berat berat amat, dan tentunya os ini ya mirip mirip dengan ubuntu gitu karena pada dasarnya ini itu ubuntu, hanya sudah dikembangkan lagi :). bagi pecinta linux saya rasa, anda wajib mencoba OS ini, keren loh. 

Nah sekian dulu dari saya, maaf jika review ini singkat, karena sesuai judulnya hehe.
Terima kasih :)


Wednesday, 15 June 2016

Cara Memperbaiki Folder yang Item Not Found

Pada kesempatan kali ini saya akan memberikan sebuah tutorial yang terkadang permasalahan ini sering terjadi, bukan hanya di windows 10, namun di windows 7 dan 8 juga, nah ketika kita akan menghapus sebuah folder, dan muncul seperti ini.

nah dan pada kesempatan ini saya akan memberikan tutorial Cara Memperbaiki Folder yang Item Not Found seperti pada gambar diatas.
OkE langsung saja


  • pastikan permasalahannya seperti diatas.
  • klik kanan pada folder sebelumnya "folder sebelum folder yang tidak bisa dihapus", lalu tekan Shift dan klik kanan, pilih Open Command Windows Here.
  • selanjutnya masukan perintah seperti berikut dir /a/x/p lalu klik enter.  maka akan tampil seperti ini.
  • copy nama yang saya block pada gambar dibawah ini. sesuaikan dengan folder anda.
  • Lalu klik enter, dan masukan perintah ini ren (paste nama tadi) "nama baru"  perlu diperhatikan tanpa tanda ().
  • selanjutnya yang menjadi langkah terakhir, masukan perintah ini rd/s "nama baru"lalu Ketik Y dan Enter. untuk menghapus folder barusan. 
  • SELESAI.

nah seperti itulah Cara Memperbaiki Folder yang Item Not Found , jangan dulu bingun dan memutuskan untuk menginstal ulang, dan tetap semangat utuk terus ngoprek dan ngulik , btw karena dengan ngulik menjadikan ilmu kita bertambah, ya minimal kita bisa memperbaiki masalah kayak gini. :)

BONUS VIDEO TUTORIAL

Terima Kasih

othername: cara memperbaiki folder yang tidak bisa dihapus

Cara Menghemat Kuota Internet Dengan VPN

VPN, merupakan sebuah koneksi virtual secara private, atau pribadi, sebut saja Virtual Private Network, dengan VPN, kita bisa menjelajahi internet dengan aman, dan tentunya secara langsung bisa menjadikan kuota internet kita menjadi hemat, Tanpa banyak basa basi, langsung saja berikut tutorial Cara Menghemat Kuota Internet Dengan VPN.

  • Pastikan anda sudah memiliki VPN, jika belum anda bisa membelinya, namun jika anda ingin yang gratis, diinternet sudah banyak tersedia, dan berhubung saya juga pengguna gratisan, hehe. untuk mendapatkan akun Gratis, Silahkan Kunjungi www.freevpnhosting.com  disana juga saya memakai VPN Gratisan. namun perlu diperhatikan, dengan menggunakan VPN Gratis tentunya kita terbatas dalam segala hak pemakaiannya termasuk kecepatan internetnya, bahkan ada beberapa vpn yang membatasi internet usagenya.
  • jika anda pengguna windows 10, silahkan masukan vpn tadi dari www.freevpnhosting.com tadi, caranya : klik start > setting > Network & Internet > VPN > Add A VPN Connections, dan masukan data sesuai dari website tadi, lalu OK.
  • selanjutnya anda bisa langsung mengkoneksikan vpnnya, di pojok kanan bawah (dibagian notifikasi jaringan). Seperti pada gambar diatas, jika sudah selesai dan terhubung maka aksi yang kita lakukan tadi sudah selesai. 

nah seperti itulah Cara Menghemat Kuota Internet Dengan VPN, meski banyak sekali cara lain dengan menggunakan software pihak ketiga, seperti OVPN, namun cara ini yang udah terbukti bagi saya sendiri. :)

BONUS 
Video Tutorialnya :)


Sekian dari saya, dan semoga berhasil. 

Monday, 13 June 2016

Nama Nama Gokil dan Alay Banget (Lucu)

Facebook, sebuah sosial media yang memiliki jutaan pengguna, bahkan saya juga termasuk, dan selama 4 tahun saya memiliki facebook, banyak teman teman yang saya gak kenal dan bahkan namanya aneh banget, yaudah deh saya hapus yang gak kenal dan aneh aneh itu, karena percuma kan banyak teman di facebook belum tentu sebaik banyak teman didunia nyata :)

Oke Mari Kita Mulai

1. ah jangan berevolusi jadi asam clorida ya.. haha

2. ahh pengen dong di kiss :* 

3. awas hacker newbie mungkin?...

3. waw mojang bintang hatiku nih. hahah

4. andaikan jadi money :D

5. ahhh bacanya gimana sih :X


6. gak niat banget bikin nama


8. benarkah?...


9. mungkin karena dia cowok (naluri cowok)


10. bukan aku, sumpah bukan aku yang nganiaya.. 


11. iya kamu sering dilupain, makanya di unfriend.


12. yang kau ingin katakanlah - lagu drive


13. fans berat oguri shun kali?.. entahlah


14. emang kita udah jadian gitu?.. makanya di unfriend.


15. wah nama akun atau nama game sih?


16. awas sindikat penjualan asin teri?..


17. maksudnya apa coba?



nah sekian dari postingan saya kali ini, masih banyak sih yang gak saya screenshot, karena kebanyakan yaudah yang menurut saya bagus aja, btw, buat pemilik akun diatas, jangan marah ya, hehe

Potingan ini merupakan untuk pelajaran semata, bahwa nama didunia maya bisa jadi merupakan kamuflase dirinya di dunia nyata.

waspadalah waspadalah
bersama saya admin :) selamat menjalankan ibadah puasa, dan sampai jumpa di postingan selanjutnya