What's New
Loading....

Review Singkat : Linux Ubuntu 16.04 LTS Xenial Xerus

Hai, sudah lama rasanya saya tidak memposting di blog ini, dikarenakan saya sudah berangkat kembali ke bandung untuk menjalani hari hari sayas sebagai mahasiswa di salah satu universitas disana, dan tentunya, disini saya hanya mengandalkan koneksi internet yang bahkan lebih lambat (meski itu 4G) tapi kecepatannya tidak sampai 100 Kbps, menyedihkan. 

so langsung saja, tanpa banyak intro : inilah Review Singkat : Linux Ubuntu 16.04 LTS yang sudah saya rangkum selama memakai OS ini. 

Linux Ubuntu 16.04 adalah versi baru yang tentunya lebih stabil dari versi sebelumnya, saya pernah menggunakan versi 14 dan 15, meski tergolong sama, namun jika kita mengulik sedikit lebih dalam, maka akan ada terasa perbedaannya. didalam versi ini ada beberapa penambahan fitur yang menurut saya bagus dan tentunya ada juga yang sedikit menggangu. dan mari kita bahas sedikit hal apa aja sih yang baru di Ubuntu 16.04 ini: 

1. Software Center diganti!
Pada versi 16.04 ini aplikasi Ubuntu Software Center tidak aka lagi digunakan. lah kenapa?.. katanya sih Ubuntu Software Center itu sedikit lambat, dan dengan itu maka Ubuntu Software Center  diganti dengan Ubuntu Software. 
Kelebihannya : tentunya lebih cepat, dan lebih simple.
Kekurangannya : Banyak apps yang tidak ditemukan, contoh Play On Linux, software sakral ini tidak ada di Ubuntu SOftware yang baru. 
- Rekomendasi saya : Gunakan 2 Software Center, kalian bisa mendownload lagi Ubuntu Software Center  di Ubuntu SOftware. 


2. Upgrade Software Terbaru
diantaranya 
  • Mozilla Thunderbird 45.0
  • LibreOffice 5.1
  • Python 3.5
  • QML-based USB Startup Creator
  • Docker 1.10
  • Linux Kernel 4.4


Nah dengan penambahan ini tentunya kita bisa lebih asik lagi dalam penggunaan linux, seperti postingan sebelumnya, saya menggunakan elementary OS yang dibuat dari Ubuntu 14 nah selama penggunaan laptop saya terasa sangat panas, terutama ketika tidak memakai cooling pad, maka tanganpun akan terasa sedikit panas, terutama ketika kita menyentuh bagian kipas disisi kanan laptop acer e1-470. 
dengan versi terbaru ini suhu laptop terasa normal seperti ketika menggunakan windows, mungkin ini adalah salah satu perbaikan pada kernel system linux yang baru. 

Cara Instal Ubuntu 16.04
nah cara instalnya sih seperti biasa, jadi gak usah dibahas panjang lebar lagi, hehe, namun jika kalian masih belum pernah instalasi linux kalian bisa baca postingannya disini : Cara Instal Ubuntu 16.04

Sedikit Tweaks yang saya Pakai di Ubuntu 16.04
seperti biasa linux terasa hampa tanpa penambahan tweaks dan apps lainya.
dan ada beberapa tweaks yang saya ubah di Ubuntu 16.04 ini, diantaranya :
1. Tema : saya menggunakan MacBuntu yang bisa didapatkan di Noorslab.com, dengan tema ini membuat ubuntu kita menjadi mirip dengan MacOS alias OSnya Apple.


2, Instal Apps
entah kenapa masuk kedalam kategori tweaks, hehe.
btw ada beberapa apps yang saya instal seperti biasa, dan diantaranya :
1. Wine, dan Play On Linux : Kalian bisa mendownloadnya di Ubuntu Software Center, btw dikarenakan Ubuntu Software Center udah gak ada, kalian bisa langsung aja mendownload Ubuntu Software Center di Ubuntu Software.

2. Browser : karena saya suka benget sama google chrome, maka saya menginstalnya. kalian bisa mendownloadnya di Google langsung.

nah selain tweaks yang saya instal, mari kita bahas, apa aja sih keungulan Linux Ubuntu 16.04 ini, btw permbahasan ini hanya sesuai dengan apa yang saya rasakan, dan tanpa ada hal apapun diluar dari kepala saya :D.
1. Performa : tidak usah diragukan lagi, sejak dulu ubuntu itu ringan banget.
2. Stabilitas : udah gak ada instilah Error Report Problem dan sebagainya, kayak di Elementary OS, selain itu laptop lebih stabil dan tidak overheating lagi.
3. User Friendly : mudah digunakan, inilah salah satu kelebihan ubuntu, bagi kalian yang udah mencoba Kali linux, bagaimanakah rasanya?.. agak sulit kan, apalagi dengan banyaknya software yang gak dimengerti.

namun ada juga kekurangannya :
hanya satu kekurangan yang saya rasakan semejak menggunakan linux ubuntu ini, apakah itu?..
- Jam laptop selalu berubah dan tidak sesuai, entah karena saya menggunakan 2 os secara bersamaan atau gimana?.. namun jam tersebut selalu berubah, bahkan di BIOS sekalipun.

Cara Mengatasi : harus setting ulang jam ketika masuk ke OS.

nah begitu dulu review singkat dari saya, semoga bermanfaat, dan menjadikan referensi bagi anda yang ingin menggunakan ubuntu versi terbaru ini. :)
bersama saya Gylang Satria Yudha sampai jumpa dipostingan selanjutnya. 

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda :), baik berupa Kritik dan Saran Seputar Postingan saya diatas, atau anda bisa mengetikan pertanyaan , atau pernyataan seputar Postingan saya diatas :)