Breaking News
Loading...
Saturday, 20 August 2016

3 Langkah Penting Setelah Instal Elementary OS Freya

Hampir 3 Minggu saya menggunakan Elementary OS, dengan banyaknya lika liku kehidupan dalam penggunaa elementary os ini, dimulai dengan masalah masalah kecil sampai masalah yang mengharuskan saya untuk mereinstal elementary os ini.

Nah pada kesempatan kali ini saya akan membagikan sebuah informasi penting, bagi kalian pengguna elementary os, dan tentunya dengan beberapa tweak ini, kalian bisa lebih maksimal dalam penggunaan elementary os ini, so langsung saja ya :

1. Instal dan Update (optional aja)
nah kalian bisa dengan bebas mengupdate elementary os ini untuk mendapatkan pembaruan dan perbaikan bug, namun menurut pengalaman saya, ketika melakukan update, maka laptop akan sedikit mengalami masalah "dalam kasus saya".

2. Instal ubuntu-restricted-extras (wajib instal)
Kalian bisa menginstalnya di Ubuntu Software Centre, fungsinya adalah untuk memainkan beberapa format, misalkan MP4, dan sebagainya, ini wajib banget diinstal.

3. Aktifkan Klik kanan dan Icon Desktop (Optional)
Seperti yang kita ketahui, secara default elementary os tidak bisa klik kanan di dekstop, dan tentunya membuat kita sedikit aneh dan gimana gitu?.. 
Caranya : 
Instal Tweak Ini melalui Terminal 
  • sudo add-apt-repository ppa:mpstark/elementary-tweaks-daily
  • sudo apt-get update
  • sudo apt-get install elementary-tweaks
Lalu Install : Gnome Tweak Tool.
sudo apt-get install gnome-tweak-tool
Selanjutnya : Install : Dconf Editor.
Selanjutnya Install : Nautilus. Perintahnya : “sudo apt-get install nautilus”
Untuk Menambahkan dam mengaktifkan klik kanan lakukan langkah ini :
pastikan hal diatas sudah dilakukan, selanjutnya masuk ke System Setting > Tweaks > Carbere
nah disana kalian bisa langsung add aja, dan masukan perintah : 
nautilus -n
nautilis-n

Lalu buka juga, Gnome tweak tool nya.
Buka Menu Applications di Pojok Kiri Atas Desktop : Di tempat pencarian ketik : tweak, lalu muncul tweak tool, klik/buka. Navigasikan ke :Desktop, Aktifkan Pilihan Icons on Desktop.
dan lihat hasilnya, maka desktop akan lebih baik dari sebelumnya.
Nah begitulah 3 langkah penting setelah instal elementary os, kalian juga bisa melakukan sedikit modifikasi pada laptop kalian, seperti mengaktifkan double klik di files melalui tweaks, atau menginstal wine untuk menjalankan aplikasi windows. nah mungkin akan saya bahas di postingan selanjutnya, terima kasih dan semoga bermanfaat.

0 komentar:

Post a Comment

Silahkan berikan komentar anda :), baik berupa Kritik dan Saran Seputar Postingan saya diatas, atau anda bisa mengetikan pertanyaan , atau pernyataan seputar Postingan saya diatas :)

 
Toggle Footer