What's New
Loading....

PERBEDAAN WINDOWS 32bit dan 64bit

2015-02-16_072253

Apakah software 32-bit dapat berjalan pada sistem operasi 64-bit saya?

atau

Apakah software 64-bit dapat berjalan di komputer saya ?

Tutorial ini akan membantu Anda untuk memahami konsep 32-bit dan 64-bit pada komputer windows. Kita akan melihat sistem komputer Anda yang terdiri dari tiga bagian: Hardware, Sistem Operasi dan program aplikasi. Yang pada akhirnya kita akan melihat beberapa pertanyaan umum orang miliki.

32-bit versus 64-bit

Sebagai jumlah bit semakin besar, ada dua manfaat penting:

  • Lebih besar bit, berarti data yang dapat diproses dalam potongan yang lebih besar yang juga berarti lebih akurat.
  • Lebih besar bit, berarti sistem anda dapat menunjukkan atau mengatasi sejumlah besar di memori fisik.

Dalam sistem 32-bit, hanya dapat memproses/menangani Memory/RAM MAKSIMAL sebesar 4GB RAM.

Sedangkan, dalam sistem 64-bit, dapat memproses/menangani Memory/RAM LEBIH DARI 4GB RAM.

Beberapa program aplikasi saat ini, membutuhkan lebih dari 4 GB Memory/RAM untuk memproses data mereka sehingga, sistem 64-bit sekarang menjadi lebih banyak diminati karena mereka berpotensi dapat mengatasi hingga 4 miliar kali yang terdapat di memori fisik.

Sejak tahun 1995, ketika Windows 95 diperkenalkan dengan dukungan untuk aplikasi 32-bit, sebagian besar software dan sistem operasi berkode 32-bit yang kompatibel.

Jadi berapa lama akan transisi dari 32-bit pada sistem 64-bit diambil?

Masalah utama adalah bahwa komputer anda bekerja dari hardware seperti prosesor/CPU, melalui sistem operasi (OS), ke tingkat tertinggi.

Kita bisa melihat kembali pada transisi dari 16-bit ke 32-bit Windows pada prosesor 32-bit. Butuh waktu 10 tahun (1985-1995) untuk mendapatkan sistem operasi 32-bit dan bahkan sekarang, lebih dari 15 tahun kemudian, ada banyak orang masih menggunakan Windows berkode 16-bit.

Vendor Hardware dan Software belajar dari transisi sebelumnya, sehingga sistem operasi baru telah dirilis pada waktu yang sama dengan prosesor baru.

Sistem komputer anda terdapat dalam tiga bagian.

Sekarang kita akan melihat tiga komponen pada sistem anda. Secara sederhana, mereka adalah tiga lapisan dengan prosesor atau CPU sebagai lapisan tengah atau terendah dan aplikasi sebagai lapisan terluar atau tertinggi seperti yang ditunjukkan gambar di bawah ini.

Untuk menjalankan sistem operasi 64-bit anda memerlukan dukungan dari tingkat yang lebih rendah: 64-bit CPU.

Untuk menjalankan aplikasi 64-bit anda memerlukan dukungan dari semua tingkat yang lebih rendah: 64-bit OS dan 64-bit CPU.

Anda juga akan perlu mempertimbangkan hardware yang mendukung perangkat CPU dan driver yang memungkinkan OS dan aplikasi untuk berantarmuka dengan Hardware sistem.

Dapatkah dikombinasi sistem 32-bit dan 64-bit yang kompatibel akan bekerja?

Bahwa 32-bit akan berjalan pada tingkat yang lebih rendah dari komponen 64-bit, tetapi 64-bit tidak berjalan pada tingkat yang lebih rendah dari komponen 32-bit.

  • Sistem operasi 32-bit akan berjalan pada prosesor 32-bit atau 64-bit tanpa masalah.
  • Sebuah aplikasi 32-bit akan berjalan pada 32-bit atau 64-bit OS tanpa masalah.
  • Tapi aplikasi 64-bit hanya akan berjalan pada OS 64-bit dan sistem operasi 64-bit hanya akan berjalan pada prosesor 64-bit.

Ini 2 tabel ilustarsinya:

Tabel 1 — Apa sajakah yang kompatibel pada sistem saya, jika saya memiliki sistem 32-bit?

Prosesor (CPU)

32-bit

32-bit

32-bit

32-bit

Sistem Operasi (OS)

32-bit

32-bit

64-bit

64-bit

Program Aplikasi

32-bit

64-bit

32-bit

64-bit

Kompatibel?

Ya

Tidak

Tidak

Tidak

Tabel 2 — Apa sajakah yang kompatibel pada sistem saya, jika saya memiliki sistem 64-bit?

Prosesor (CPU)

64-bit

64-bit

64-bit

64-bit

Sistem Operasi (OS)

64-bit

64-bit

32-bit

32-bit

Program Aplikasi

64-bit

32-bit

32-bit

64-bit

Kompatibel?

Ya

Ya

Yes

Tidak

#II. Beberapa pertanyaan yang sering ditanyakan.

1. Akankah 64-bit CPU dapat menjalankan program 32-bit?

> Ya.

2. Akankah 64-bit OS menjalankan aplikasi 32-bit pada prosesor 64-bit?

> Ya itu akan. Sekali lagi, hal ini karena kompatibilitas ke belakang.

3. Dapatkah aplikasi 64-bit berisi kode 32-bit?

> Ya, banyak sekali software 64-bit akan berisi bagian-bagian dari kode 32-bit.

Demikian pula 32-bit software (program biasanya sangat lama) dapat memiliki beberapa kode di 16-bit yang mengapa mereka aplikasi 32-bit biasanya akan gagal untuk berjalan dengan baik pada OS 64-bit.

4. Dapatkah aplikasi 16-bit atau kode dijalankan pada sistem 64-bit?

> Tidak, seperti yang kita katakan sebelumnya. Kode 16-bit tidak akan berjalan pada OS 64-bit karena desainer tidak memberikan kompatibilitas. Inilah salah satu alasan mengapa beberapa program 32-bit tidak akan bekerja pada sistem operasi 64-bit.

5. Bisa 64-bit CPU dengan host OS 32-bit menjalankan mesin virtual (VM) untuk 64-bit OS tamu?

> Ya. Itu semua tergantung pada tingkat virtualisasi.

Jadi kalau anda install aplikasi 32bit di OS 64bit, aplikasinya akan dimasukan ke folder C:\Program Files (x86)  (x86=32bit; x64=64bit) itu sandi processor architecture.

jadi, OS apakah Yang anda pilih?.. 32 atau 64, itu sih terserah keinginan masing masing, dan juga tergantung kompatibilitas hardware juga.

Saya Termasuk pengguna 64 Bit, Anda?.. Smile

Ok, sekian tulisan saya, semoga bermanfaat.

2015 dan 10 Tahun yang lalu.

 

10 tahun yang lalu, saya masih berumur 7 tahun, anak kecil yang lucu dan imut, juga pendiam dan disegani teman teman saya tetapi banyak juga yang suka ngebuly atau menjahili saya, memang masa masa yang menyedihkan...

Waktu itu saya duduk di Bangku Sekolah Dasar SDN Bojong Asih, kelas 2, Rumah saya yang memang jauh sekitar 4 KM jarak antara sekolah dan Rumah, dengan semangatnya kami (saya dan teman teman saya) berjalan kaki demi pelajaran yang sangat berharga, sekitar 18 Orang siswa dari perkampungan Rumah saya, berjalan berbarengan, karena dulu itu jangankan Mobil, hanya untuk televisi pun tidak ada. Dan beberapa pelajaran yang saya terima saat itu, pelajaran akan kehidupan, dan pengorbanan demi sebuah Pelajaran.

10 tahun kemudian, disinilah saya, Gylang Satria Yudha, anak keren dan gaya kelas 3 SMK BINA ANAK BANGSA, saya bisa berdiri hingga kini di bangku SMK berkat pengorbanan yang saya tempuh dan saya lakukan dengan berjalan kaki sejauh 4 KM, dan saya kemudian melihat beberapa perkembangan jaman yang membuat saya jengkel.. APA ITU.. Check This OUT.

1. 10 tahun yang lalu, semua anak itu sama rata, mau itu anak orang kaya, anak sederhana ataupun dengan ekonomi yang kurang sekalipun, dahulu tidak ada perbedaan, kita berjalan kaki, dengan kebersaamaan yang luar biasa Smile. Dan saat ini 10 tahun sejak masa masa indah saya di bangku SD, jejak perjalanan saya, saya melihat sudah tidak ada lagi yang seperti dulu, bayangkan bro, ANAK SD sudah Membawa sepeda motor masing masing, gimana kalo trjadi kecelakaan, sekarang anak SD sudah membawa HP BB, Android, bahkan Iphone.. Wah Gila.. saya bukan iri ada dengki dengan perkembangan jaman, karena sayapun sudah mengikuti perkembangan jaman, tetapi yang saya lihat banyak efek negatif dari perkembangan jaman ini, contoh : ANAK SD SUDAH MENCICIPI ROKOK “padahal sayapun belum pernah tuh mencoba coba rokok, karena saya tidak buta, saya bisa membaca tuisan di bungkus rokok yang membuat saya takut akan rokok.”. trus anak SD sudah melihat Foto dan Video Porno “ Ohhhhh tidak, sudah hancur jaman ini. “. Bahkan informasi dari beberapa saksi, ada anak SD yang sudah memakai GANJA “ astagfirullah, kenapakah dengan mereka?.. “..

2. 10 Tahun yang lalu, Cinta itu sudah ada bro, tapi bukan untuk anak anak.. dan 10 Tahun kemudian anak SD sudah pacaran, dengan gaya Korea Koreaan, anak bodoh, cinta udah mahir, tapi Pelajaran dilupakan..

3. 10 Tahun yang lalu, Tidak ada Boyband dan Girlband, yang saya tahu hanya Artis Sherina dan Joshua yang selalu menghibur saya dengan lagu anak anak, Bukan Lagu Cinta kaya Coboy ****.

4. 10 Tahun yang lalu, Mainan yang biasa di mainkan itu bukan Playstation dan XBOX, bahkan belum ada tuh namanya Gamers PC, Farcry, Call Of Dutty. Yang ada hanya “Oray orayan, Sondah, Loncat Tinggi. “ ya seperti itulah saya tidak akan melupakan mainan saya waktu kecil dengan teman teman saya. 10 Tahun kemudian, semua sudah berubah, tidak ada mainan yang menyehatkan, yang ada hanya mainan yang mmperbudak kita untuk meninggalkan ibadah.

5. Penahkan ada mendengar anak sekolah yang tidak bisa melantunkan lagu Indonesia raya, garuda pancasila, halo halo bandung, dan masih banyak lagi, dulu semua anak hapal dengan lagu ini, bukan dengan lagu cinta coboy ****

Ya begitulah pandangan saya terhadap perkembangan jaman, saya tidak pernah menjelek jelekan akan perkembangan jaman karena sayapun salah satu orang dari puluhan ribu manusia yang mengikuti perkembangan jaman, dan sayapun masih belajar demi menempuh apa yang saya cita citakan.

Salah satu pesan saya, jangan terlalu jauh mengikuti sisi negatif dari perkembangan jaman, karena itu semua akan membawa kita ke jalan yang sangat salah dan semakin salah, ikutilah sisi positifnya.

Maaf jika ada kesalahan dalam segi penulisan maupun membuat pembaca semua jengkel terhadap tulisan saya, saya hanya tidak mau banyak anak kecil yang semakin terjerumus akan sisi negatif perkembangan jaman.

SEKIAN dan Terima Kasih.Smile

BAJAKAN Atau ORIGINAL?..

ORIGINAL ATAU BUKAN?...

clip_image002

Hari minggu, hari libur ditengah tengah kesibukan saya dalam melakukan aktivitas belajar yang melelahkan, berangkat pagi dampai pulang sore... di sela sela pelajaran saya, saya memang ditemani beberapa sahabat yang memang tertarik dengan bidang IT, dan sempat saya berfikir, Sistem Operasi yang mereka pakai?... Apakah Original?.... nah dari sanalah saya mulai tertarik membuat sebuah tulisan kembali, sebagai pengisi dari blog yang sepi ini.

Berikut adalah Fakta Instansi Pemerintah dan Swasta tentang sistem operasi yang mereka pakai:

Meski tidak semua instansi menggunakan OS bajakan, tetapi Rata – Rata yang saya temui dan pernah saya pegang device yang mereka pakai untuk melakukan pekerjaan dan semuanya ternyata bukan Original, wah wah saya juga sedikit kaget, kenapa Instansi pemerintahan tidak memakai Windows Original?..

Tetapi ada beberapa orang dalam instansi yang rela membayar mahal hanya untuk sebuah keaslian Sistem operasi yang mereka pakai.

PERBEDAAN WINDOWS ORIGINAL dan WINDOWS BAJAKAN VERSI PENGALAMAN SAYA :

WINDOWS BAJAKAN :

- Sering terjadi error (contoh saya memakai windows 8.1 bajakan pada januari tahun 2014 yang lalu, masalah yang paling membuat saya jengkel adalah windows bajakan saya tidak bisa melakukan System Restore, padahal jika saya menggunakan windows 7 Original milik saya, System Restore Baik Baik saya.

- Tidak Benar Benar Terlisensi permanen, Pernahkan kalian memnggunakan KMS, jujur sayapun pernah, dan menurut saya jika saya menggunakan perintah “slmgr/xpr” di CMD, ,maka sebuah notifikasi akan muncul dan menunjukan masa aktif dari windows yang kita instal, berarti windows kita bajakan dong.. Jelas lah..

WINDOWS ORIGINAL :

- Lebih Stabil dan Jarang Error, saya memakai windows 7 Home Basic SP1 64Bit dan memang jarang sekali terjadi error pada sistem operasi tersebut.

- PERMANEN, waaaaw, sekitar Oktober 2014 yang lalu, saya membeli sebuah lisensi Windows 8.1 dengan harga yang lumayan , dan saya cek permanen apa tidak dengan perintah “slmgr/xpr” dan ternyata permanen dengan sempurna.

BERDOSAKAH MEMAKAI WINDOWS BAJAKAN?...

Saya rasa itu harus menurut pandangan masing masing, dosa sih pasti ya, karena menurut saya itupun sama dengan memalsukan lisensi, tetapi di daerah rumah sayapun banyak yang menggunakan windows bajakan, Bahkan sampai Ustad sekalipun... . Tetapi selama memakai sebuah Crack, Patch ataupun keygen tidak masalahlah selama tidak di sebar luaskan.

APAKAH PENULIS PERNAH MEMAKAI SOFTWARE dan OS BAJAKAN?

Hahahaha, Pasti pernahlah, dan bahkan sangat sering, trus saya juga hanya menggunakan Aplikasi bajakan hanya untuk keperluan belajar, gimana mau jadi ahli IT jika meng Crack Aplikasi aja enggak bisa, bener kan?...

Bahkan Beberapa kasus juga, banyak sekolah masih memakai windows bajakan, termasuk OS Linux berbayar seperti Mikrotik...

OK sekian, itulah beberapa pengalaman saya dalam memandang OS Bajakan, Gunakanlah OS atau Software bajakan dengan sebijak mungkin.. Kalo bisa sih beli yang Original..

Terima Kasih.. Oh Iya, Bagaimanakah Pengalaman anda, anda boleh memberikan komentar di bawah, atau memberikan sebuah link blog anda di Kolom Komentar..Smile